Saya dengan Jaket Putih

Saya dengan Jaket Putih
Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

Minggu, 05 Agustus 2012

Apakah Enginering Itu ?

Mengenal Engineer

Pernahkah adik-adik membayangkan bagaimana pesawat yang begitu besar bisa terbang di udara? bagaimana roket bisa terbang tinggi sampai menembus atsmosfir bumi menuju bulan? bagaimana gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi bisa tetap kokoh berdiri walaupun diterpa angin yang begitu kencang? atau benda-benda disekitar kita seperti komputer, televisi, handphone, mobil, dan masih banyak lagi, bagaimana semua benda-benda tersebut bisa digunakan oleh kita?
Nah engineeringlah jawabannya. Tahukah adik-adik apa itu engineering?? Engineering adalah suatu ilmu keteknikan yang dipraktekkan ke dalam kehidupan kita untuk mempermudah kita dalam melakukan sesuatu. Engineering mampu mengatasi permasalahan yang ada di sekitar kehidupan sehari-hari dari hal yang terkecil hingga besar. Dan engineering juga mempunyai kontribusi yang besar untuk kemajuan pembangunan suatu negara.

Ilmu apa saja sih yang terdapat di dalam engineering itu? Jika adik-adik ingin pandai di bidang engineering, adik-adik harus bisa menguasai ilmu-ilmu yang terdapat di dalamnya. Disiplin ilmu yang termasuk ke dalam engineering adalah matematika dan ilmu pengetahuan alam seperti, fisika, kimia, dan biologi.

Apa yang dilakukan oleh engineer?
Sekarang yang menjadi pertanyaan, siapa orang-orang yang melakukan itu semua? Siapa yang membuat pesawat? Siapa yang membuat mobil, komputer, gedung, jalan, jembatan, dan segala hal yang berkaitan dengan engineering tadi? Orang-orang yang mampu membuat benda-benda tersebut diatas disebut dengan engineer, atau dalam istilah Indonesianya insinyur.

Jadi pengertian engineer/insinyur adalah seseorang yang bekerja di bidang engineering dan mampu menggunakan ilmunya untuk menghasilkan suatu benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang engineer/insinyur juga membantu memecahkan permasalahan dibidang teknologi yang ada.


Insinyur yang bekerja di pabrik, memiliki peran mengawasi proses produksi, menentukan penyebab kerusakan alat, dan menguji produk untuk menjaga kualitas. Seorang insinyur juga dapat bekerja di kantor, pertambangan, laboratorium, dan hampir di semua tempat yang memerlukan teknologi.

Para engineer/insinyur melakukan berbagai percobaan dan mengujinya untuk menemukan sebuah penemuan baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Dalam pekerjaannya, insinyur banyak menggunakan komputer. Komputer digunakan untuk merancang dan mendesain sebuah alat, menguji kerja mesin, atau membuat sistem yang rumit.

Bagaimana menjadi seorang engineer?

Bagi adik-adik yang memilki keinginan besar untuk menciptakan perubahan besar bagi kehidupan orang banyak, menjadi engineer/insinyur adalah jalannya. Bekerja sebagai engineer/insinyur adalah sangat menyenangkan. Karena dapat menemukan dan menciptakan teknologi-teknologi baru yang sebelumnya belum pernah ada.


Untuk menjadi seorang engineer/insinyur, dibutuhkan suatu kerja keras dan ketekunan. Bila adik-adik bercita-cita ingin menjadi seorang engineer/insinyur, maka harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Lalu, apa saja yang harus di persiapkan? Untuk menjadi seorang engineer/insinyur adik-adik harus mempunyai:
  1. Minat
    Minat di sini maksudnya adalah adik-adik harus memiliki ketertarikan terhadap bidang engineering. Sebagai contoh jika adik-adik ingin menjadi arsitek, maka harus senang menggambar. Bermimpi menjadi seorang ahli komputer harus senang mengutak–atik komputer baik perangkat keras ataupun perangkat lunaknya. Bila ingin menjadi ahli mesin, maka adik-adik harus suka mengutak-atik peralatan elektronik, dan sebagainya. Intinya ketika minat itu sudah tertanam dalam diri adik-adik, maka apa yang adik-adik lakukan selanjutnya adalah menyenangkan, segala kesulitan mampu tertutupi oleh minat yang besar. Jadi kalau adik-adik sudah memilki minat yang besar untuk mendalami bidang engineering, siap–siaplah menjadi pribadi yang sukses dan gemilang!

  2. Kemampuan
    Memiliki minat saja belum cukup untuk menjadikan kita seorang engineer/insinyur. Ada hal lain yang mesti adik-adik miliki, yakni “kemampuan”. Kemampuan di sini maksudnya adalah, adik-adik harus bisa menguasai salah satu ataupun seluruh dari beberapa disiplin ilmu yang berkaitan dengan engineering. Disiplin ilmu tersebut antara lain adalah matematika dan pengetahuan alam (fisika, kimia, dan biologi). Jika ingin menjadi seorang engineer, maka adik-adik harus benar-benar paham dan menguasai beberapa bidang ilmu tersebut, karena bidang ilmu tersebutlah yang akan digunakan dalam setiap kegiatan ke-engineering-an.

  3. Tekun
    Modal selanjutnya yang harus adik-adik miliki adalah ketekunan atau kesungguhan. Jika minat dan kemampuan sudah adik-adik milik tetapi adik-adik tidak sungguh-sungguh atau tidak tekun dalam belajar dan berusaha untuk mewujudkan cita-cita menjadi seorang insinyur, maka keinginan menjadi seorang insinyur akan lepas begitu saja. Karena segala sesuatu itu harus diraih dan butuh perjuangan keras. Jadi, belajar yang sungguh-sungguh yah untuk menggapai cita-citamu.
Profesi apa saja yang berkaitan dengan engineer?

Jika adik-adik sudah mantap ingin menjadi seorang insinyur/engineer, pasti akan timbul suatu pertanyaan ”nanti kerjanya di mana ya?”. Engineer/insinyur itu merupakan suatu profesi atau pekerjaan yang mempunyai aspek yang sangat luas. Engineer/insinyur itu bisa bermacam-macam. Ada insinyur mesin, insinyur sipil, insinyur pertanian, insinyur pertambangan, dan masih banyak lagi. Semua itu tergantung dari disiplin ilmu yang ditekuni. Misalnya, insinyur mesin itu berarti semasa kuliah insinyur tersebut mendalami ilmu tentang permesinan atau dengan kata lain misalnya ketika S1 dia mengambil jurusan teknik mesin di suatu perguruan tinggi.
Dimana seorang insinyur itu bekerja? Ya bisa dimana saja tergantung kemampuan dan bekal ilmu yang dia miliki. Bisa di pabrik, kilang minyak, perkantoran, bahkan dalam pemerintahan. Misalnya, seorang lulusan teknik mesin bisa bekerja di hotel-hotel untuk mengurusi perancangan sistem pendingin udara dan saluran air, ataupun di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina juga selalu membutuhkan sarjana teknik mesin. Dalam bidang pemerintahan, sarjana teknik mesin juga dibutuhkan, misalnya di bagian pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah, seperti BPPT (Badan Pusat Pengembangan Teknologi) dan IPTN.

Jadi?? Engineering itu menyenagkan bukan?? Ingin tau lebih dalam mengenai engineering?? Adik-adik bisa menjelajahi seluruh isi web ini dan mencari tau apa yang belum adik-adik ketahui mengenai engineering. Semoga web ini bisa bermanfaat untuk adik-adik dalam mewujudkan cita-citanya....Selamat belajar ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar