Saya dengan Jaket Putih

Saya dengan Jaket Putih
Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

Selasa, 14 Agustus 2012

apa nih


Saya rasa banyak sekali orang yang suka menyimak tayangan iklan yang ada di tv. Baik itu anak-anak, remaja hingga para orang tua juga suka melihatnya sambil terkadang menyaksikan lirik lagu yang ada pada iklan tersebut.
Iklan bebelac terakhir memang cukup fenomenal. Lirik lagu yang mengiringi iklan itu memang enak di dengar. Jadi tak heran banyak yang suka. Akhirnya iklan itu jadi terkenal. Baik itu anak-anak yang ada di iklan tersebut hingga lagunya juga.
Mungkin orang Indonesia terlalu latah dengan yang berbau bahasa inggris. Saya pribadi mengakui juga demikian. Kita sangat suka lagu-lagu berbahasa inggris. Orang-orang yang berbahasa inggris. Akhirnya kita terobsesi dengan hal-hal yang ada kaitannya dengan bahasa inggris.
Sekarang ini bahasa inggris sepertinya sudah menjadi bahasa kedua dibanyak kalangan di masyarakat. Banyak sekali tak terhingga jumlahnya masyarakat yang sudah mahir dan fasih berbahasa inggris. Jurusan sastra dan atau pendidikan bahasa inggris sangat banyak peminatnya.
Iklan bebelac terbaru saat ini juga banyak yang suka. Tetap memakai materi bahasa inggris. Lalu apakah itu baik?
Sebenarnya itu baik adanya. Dengan menggunakan bahasa inggris itu anak-anak bisa lebih dini dikenalkan dengan bahasa inggris. Bahasa yang diucapkan oleh banyak orang di dunia ini. sehingga dengan mempelajari bahasa inggris ini kemampuan berbahasa dan kognitif anak menjadi makin baik. Otaknya menjadi cepat berkembang.
Namun dampaknya adalah pada bahasa Indonesia atau bahasa lokal. banya sekali perbincangan mengenai hal ini. bahasa inggris juga dianggap sebagai penyebab kenapa banyak sekali ditemukan kurangnya kemampuan berbahasa Indonesia atau lokal di banyak anak atau remaja saat ini.
Sejak dini anak-anak sudah dikenalkan dengan yang namanya bahasa inggris. Ketika di sekolah bahkan bahasa pengantar yang digunakan juga bahasa inggris. Sehingga anak-anak akan menjadi lebih akrab dengan bahasa asing.
Kita tidak menyalahkan bahasa asing yang saat ini memang sangat perlu untuk diajarkan kepada anak. Bahasa asing memang sangat diperlukan untuk dikuasai. Komunikasi menggunakan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya sudah tidak asing lagi kita jumpai.
Namun, para orang tua harus lebih bijak menanggapi hal ini. bahasa ibu dan bahasa lokal juga akan menjadi identitas dari sang anak kelak. Walaupun banyak dari para orang tua yang beranggapan bahwa bahasa ibu itu tidaklah susah untuk diajarkan.
Anak secara otomatis akan mahir dengan sendirinya memahami bahasa Indonesia. Karena anak lahir, tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bahasa resmi Negara kita bahasa Indonesia. Jadi gampanglah…
Sedangkan nasib bahasa lokal juga perlu untuk diperhatikan. Siapa lagi yang akan melestarikan keberadaan bahasa lokal kalau bukan para generasi muda saat ini. jika masyarakat menganggap bahasa lokal itu tidak penting, itu pemahaman yang keliru. Karena bahasa lokal itu adalah identitas yang sesungguhnya dari sang anak. Bahasa Indonesia menjadi identitas kebangsaannya.
Jika anak-anak sekarang nantinya tidak mengerti dengan bahasanya sendiri maka sama saja halnya mereka telah kehilangan identitasnya.
Bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa mandarin, dan bahasa-bahasa asing lainnya itu penting untuk dikenalkan pada anak. Namun bahasa ibu (dibaca Indonesia) dan bahasa lokal amatlah penting dari semua itu.
Semoga saja masyarakat khususnya para orang tua lebih bijak menanggapi hal ini. tidak hanya melihat iklan yang ada itu seperti apa namun juga bisa mencerna pesan apa sebanarnya yang tersirat dari iklan-iklan yang beredar di layar kaca itu.

My first
my last
my everything
And the answer to
all my dreams
You’re my sun
my moon
my guiding star
My kind of wonderful
that’s what you are
my everything…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar