Saya dengan Jaket Putih

Saya dengan Jaket Putih
Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

Minggu, 12 Agustus 2012

6 Tipe User Social Media, yang Manakah Anda?




[Internet Sehat]  Sekilas, mereka yang sering muncul di situs social media adalah orang-orang yang sama. Ini tidak sepenuhnya salah. Walau jumlah user Facebook dan Twitter terus bertambah, mereka yang tergolong user aktif di banyak social media sekaligus, ternyata tidak sebanyak yang diduga. Menurut Aimia, sebuah firma yang mengukur tingkat loyalitas, mengklasifikasikan 6 jenis user social media.
“Paramarketer sebaiknya tidak mendefinisikan kesuksesan berdasar aktivitas di social media, tapi lebih ke nilai pelanggan dan seberapa besar mereka terlibat,” komentar Doug Rozen dari Aimia.
Aimia menggolongkan user situs social media berdasar kepribadian mereka menjadi 6, yaitu:
1. No Shows.
Ini adalah golongan yang paling banyak, yaitu 41%. Mereka adalah yang jarang online di social media. Tidak melakukan log in dalam 30 hari terakhir. Golongan ini mempunyai tingkat kepercayaan yang rendah, tidak tertarik untuk berbagi info mengenai aktivitas mereka atau tidak tertarik dengan aktivitas orang lain.
2. Newcomers
Golongan ini tergolong pasif, mendadak saja merasa harus join Facebook sebab tak ingin ketinggalan dari teman-temannya. Tujuan utama mereka menggunakan social media adalah untuk mencari pertemanan online.
3. Onlookers
Mereka bergabung dengan beberapa situs social media, tapi tidak terlalu sering memposting. Golongan ini menganggap kehadiran mereka di social media hanya sekadar mengisi absen saja, asal hadir. Tapi mereka tak mau berbagi informasi tertalu detil tentang dirinya.
4, Cliquers
Jumlahnya sedikit, hanya 6% saja. Tapi mereka sangat aktif di satu social media, misalnya Facebook. Biasanya kaum wanita lah yang masuk dalam golongan ini, dan senang melakukan sharing foto, update status, dan berkomentar. Mereka cukup aktif dan berpengaruh walau di jaringan kecilnya, yakni teman-teman dan keluarga.
5. Mix n Minglers
Golongan ini berpartisipasi cukup aktif di benyak social media sekaligus. Mereka senang mengikuti tren suatu brand, dan selalu update dengan berita terkini. Mereka juga sadar akan pentingnya privasi data. Golongan ini bertemu banyak teman online, dan sangat berpengaruh di jejaringnya.
6. Sparks
Walau jumlahnya sedikit, hanya 3%, kelompokSparkssangat aktif dan tergantung pada social media. Social media bagi mereka adalah media berekspresi. Kalangan ini masih sangat peduli pada privasi online, dan mengontrol komunikasi online mereka. Golongan ini adalah yang paling berpengaruh di antara semua golongan user social media. Mereka juga cukup fanatik pada brand kesukaannya.
Jelas bukan kenapa jika dilihat sekilah, teman yang top di social media hanya sedikit saja? Dan tipe yang manakah Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar