Saya dengan Jaket Putih

Saya dengan Jaket Putih
Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

Senin, 14 Mei 2012

Test Ride New Satria FU





Dulu waktu awal tahun 2010 an saya belum begitu kenal yang namanya Satria FU. kirain tuh motor sebangsa Astrea gan.
hehehehe... piss
setelah beberapa bulan kemudian teman saya ada yang beli motor New Suzuki Satria FU , waktu itu dia ambil warna merah batik. ntah apa namanya yang pasti warnanya ada corak api seperti batik itu gan.
wah mumpung dia lagi nganggur kesempatan nih buat pinjam motornya.
langsung aja saya naik ke motor Satria FU nya.. saya yang sehari-hari terbiasa bawa motor bebek Honda Blade 110R. Banyak penyesuaian pada diri saya mulai dari posisi riding yang tadinya posisi Honda Blade adalah posisi ergonomi dan mengutamakan hal kenyamanan . setelah menyemplak motor Satria FU ini adalah menunduk layaknya motor sport.
setelah saya hidupkan kok tidak bisa, setelah dikasih tahu teman ternyata handle koplingnya harus ditekan.. wah, model aman juga nih batinku.
tanpa pikir panjang langsung saja saya starter nih FU. suara garang dari knalpot nya terasa khas dan seperti moge. Dan didukung knalpot standar yang posisinya nungging menambah kesan sporty.
lanjut saja saya masukkan gigi 1 dan langsung gas, pertama naik Satria FU gasnya tidak se loss atau nafasnya tidak panjang seperti Honda Blade saya. terasa pendek. pas saya gas dikit, tarikan dari FU ini terasa ganas, jauh melebihi Honda Blade saya. gigi 1, 2 , 3 hingga 6 saya pelintir masing2 gigi mencapai 10 rb RPM.
dan tidak sampai 3 km pun saya dah dapat 138 kmh lebih tenaga tetep ngisi. dan kira2 gas masih sisa. jadi kemugkinan masih bisa naik lagi. untuk masalah pendinginan jangan khawatir. Oil Cooler yang disematkan pada motor ini tentunya akan meredakan gejala panas mesin agar tidak overheat.
bener2 gila nih motor bebek kuat ampe segitu. padahal Honda Blade 110R saya aja 90 kmh udah ngeden, itupun speednya naik turun. hehehe.. apa karena cc nya hanya 110R dan mesin masih tidur, jadinya LOYO.
.. dan menurut saya kestabilan motor ini tetap kokoh meski kecepatan tinggi.
tapi kalau udah diganti ban ukuran yang lebih kecil.  JANGAN harap bakal stabil.
soal konsumsi sih lumayan lah 1 : 35 km/liter. masih termasuk irit juga untuk motor ber cc 150. dan saya lihat mesinnya udah DOHC 4 Valve pula.
saya sebelumnya juga pernah nyoba naik CBR 150R versi karbu.
soal tarikan sih menurut saya lebih responsive Satria FU. tapi soal kestabilan di kecepatan diatas 132 kmh ya pasti masih CBR 150R yang memegang.
mungkin saja Satria FU adalah tandingan dari CBR 150R. walaupun FU adalah Downgrade dari Suzuki FXR 150. secara spesifikasi mesin sama besar ,, cuma beda pada letak karbu dan power saja dan bobot motor lebih ringan FU. FXR 130 kg sedangkan New Satria FU cuma 105 kg, kalau Satria FU CBU 95 kg
dan sampai sekarang satria FU belum mengalami perubahan pada mesinnya, hanya saja pada tahun 2011 - 2012 ini sudah disematkan teknologi AHO ( Automatic Headlamp On ).
Untuk Harga pasaran mulai Rp. 19,450.000,-
cukup tinggi untuk ukuran motor bebek,, tetapi kalu dah beli bakal serasa naik motor sport dah. secara Tenaga nih motor gak mencerminkan motor bebek banget. Powernya serasa naik motor batangan/sport.
 coz tenaganya itu yang gila.dan pasti ada harga ada rupa juga . Harga gak pernah bohong.
 dan yang wajib adalah. motor ini doyan PERTAMAX . minimal pertamax 92 lah.
tapi baiknya yang PERTAMAX PLUS 95.
dan sesuaikan postur badan agan, minimal 150 cm lah tingginya dan max 175 cm.
kalau terlalu tinggi ataupun gemuk, dikhawatirkan tidak akan nyaman  menaiki motor ini.
dan kelebihan atau kekurangan pada motor Satria FU ini adalah relatif, karena hal ini adalah disesuaikan dengan kebutuhan kita.
misal kalau kita hoby beli barang belanjaan ke pasar, ya jangan beli  motor ini. toh gak ada bagasi atau tempat menaruh barang belanjaan jadi bakal menyulitkan kita. So kembali ke awal, yaitu sesuaikan sengan KEBUTUHAN saja ya gan
. HeHeHe....

Spesifikasi Satria FU 150 2012

DIMENSI :
Panjang : 1.940 mm
Lebar : 652 mm
Tinggi : 941 mm
Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
Tinggi tempat duduk : 764 mm
Jarak Mesin ke Tanah : 140 mm
Berat Kosong : 95 Kg


MESIN :
Tipe : 4 Tak, DOHC 4 Valve, Air Cooled with SACS
Jumlah Silinder : 1 (satu)
Diameter Silinder : 62 mm
Langkah Piston : 48.8 mm
Kapasitas Silinder : 147.3 cm3
Perbandingan Kompresi : 10.2 : 1
Daya Maksimun : 16.0 Ps / 9.500 rpm
Torsi Maksimum : 1.27 kgm / 8.500 rpm
Karburator : MIKUNI BS 26-187
Saringan Udara : Jenis Kertas
Sistem Starter : Kaki
Sistem Pelumasan : Peredaman Oli

TRANSMISI :
Kopling : Manual Plat majemuk tipe basah
Transmisi : 6 speed constant mesh
Arah perpindahan gigi : 1 ke bawah, 5 ke atas
Rantai penggerak : DID 428 DS, 122 mata

RANGKA :
Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Sudut Setir : 45 derajat (kanan & kiri)
Radius Putar : 2.0 m
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S
Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S
SISTEM LISTRIK :
Sistem pengapian : CDI
Busi : NGK CR8E atau Denso U24ESR-N
Accu : 12 Volt 2.5 Ah 10 HR
KAPASITAS :
Tangki bahan bakar : 4.9 liter
Oli mesin : 1.000 ml
Dengan penggantian saringan oli : 1.100 ml




Tidak ada komentar:

Posting Komentar