Saya dengan Jaket Putih

Saya dengan Jaket Putih
Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

Senin, 14 Mei 2012



Ingat Koes Plus ?. Kemarin saya coba browsing tentang koes plus, ternyata ada yang luar biasa dari group band anak Indonesia ini,  begitu banyak lagu yang berhasil diciptakan  group Koes Plus. Maka wajar saja  kalau Koes Plus diabadikan di Musium Record Indonesia sabagai kelompok band dengan lagu terbanyak di Indonesia .
Lahir sebagai Band Keluarga dengan menyandang nama  keluarga  Koeswoyo. Koes Plus mencatatkan diri di sejarah blantika musik Indonesia, sebagai band yang sebagian lagu-lagunya melegenda.

Jumlah album Koes Plus dan Koes Bersaudara bagi saya  adalah sebuah keluar biasan, ada 93 album dibuat dalam kurun waktu 25 tahun (1962-1987), artinya secara rata-rata Koes Bersaudara dan Koes Plus ini menghasilkan  hampir 4 album setiap tahun. Di era keemasanya  tahun 1974 Koes Plus melahirkan album sebanyak 23 album dalam satu tahun, wow… 23 album teman… ( sampai terpikir oleh saya, jangan-jangan ini album terbanyak  yang dihasilkan oleh group band dalam periode satu tahun, sebuah rekor  sampai akhir jamanpun sulit terpecahkan,  2 minggu sekali bikin 1 album , terbayangkah ?).
Inilah catatan Koes Plus di tahun 1974, dengan 23 album nya itu.
Koes Plus volume 10, 11 dan 12 dibuat di tahun 1974 . Pada tahun ini juga Koes Plus, membuat  album Natal, album Qasidah volume 1, juga The Best of Koes. Pada tahun itu juga  lahir  tiga volume album POP Jawa,  POP jawa volume 1,  POP jawa volume 2 dan POP jawa volume 3, bahkan tiga album keroncongnya lahir di tahun 1974 ini. luar biasa…,  seperti tidak puas dengan yang sudah ada,  Koes Plus juga melahirkan album instrumental sebanyak 5 album. Instrumental The Best of Koes 1 album,  juga instrumental POP Jawa volume  1 dan  2 dan Instrumen POP Melayu 1 dan 2. Tentu bisa dibayangkan luar biasanya produktif nya berkarya group band ini, karena masa itu, media dan dunia entertainer belum seperti saat ini. Tahun 1974  dunia Televisi Indonesia baru, kenal TVRI, radio masih AM dan SW, jarang sekali radio FM, format penyimpan  audionya masih bentuk kaset,  belum dalam format CD, apalagi MP3 dan seabreg bentuk format lainnya seperti saat ini, belum jaman komputerisasi dan internet sehingga format audio bisa gampang dipindah dan di transfer. Tapi toh tembang Koes Plus berhasil masuk ke ruang-ruang rumah tangga di  Indonesia.
Di era keemasannya Koes Plus begitu menyatu dan hadir di masyarakat tidak hanya dalam bentuk suara yang didengar lewat Kaset, radio, dan TV.  tapi Koes Plus  hadir juga  dalam bentuk poster dan gambar-gambar yang menempel di berbagai produk. Paling tidak saya masih ingat,  buku tulis saya jaman SD sampulnya  bergambar Koes Plus, tas sekolah saya (yang terbuat dari plastik) juga bergambar Koes Plus, gambarnya juga saya masih ingat, ada 3 keluarga Koeswoyo terpampang disitu,  Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo,  Yok Koeswoyo plus Murry, mereka berambut gondrong, memakai celana panjang  model melebar di bagian bawahnya, dan saya bangga sekali menjinjingnya ke sekolahan.

Semasa SMA ada satu lagu  Koes Plus yang menjadi  favorit saya,  Ingat syair lagu “Why Do You Love Me” ini , inget ? :
“The time has come
 that we must be apart
 the  memory is still in my mind
but you have gone
 and you leave me alone
Why do you Love me…”
(Wow…selalu ada nuansa yang beda setiap saya denger lagu ini, bahkan sampai sekarang, entah mengapa…)
"Why Do You Love Me" yang mak nyus dihati saya itu, ada di Vol 4 Koes Plus, yang release tahun 1970. Jangan-jangan dulur belum lahir atau masih balita kala lagu ini tercipta.

“Why Do You Love Me” menurut saya , lagu yang sederhana, lagu dengan beat yang slow disertai  ambitus nada  yang pendek, memudahkan semua orang untuk menyanyi, walau begitu lagu ini  tidak kehilangan keindahanya untuk dinikmati. Sebenernya selain “Why Do you Love Me” Koes Plus pernah membuat album lagu dalam bahasa inggris dimana albumnya diberi nama “Another Song For You”
Beberapa judul lagunya adalah (MR. Time, The Just Joke, She is the One, Nothing is Real, I will Come to You,  Angel,  Let me Free,  My Lady dan Yes I DO)

Saat ini sesekali bisa jadi kita masih menyanyikan lagu Koes Plus dengan beat yang luar biasa nikmat,  semacam  lagu “Dara Manisku”, “angin Laut”, “telaga Sunyi” dan “Bis Sekolah”,. Tapi tahukah dulur, semua lagu yang saya sebut tadi adalah sebagian lagu yang  ada di Album Koes Bersaudara tahun 1962  dengan title “Angin Laut” . artinya  sudah lebih 48 tahun yang lalu - lagu itu tercipta, tapi lagu itu tetep nikmat saja didengar dan tetap saja dinyanyikan orang, melintas generasi.
Satu hal yang menarik tentang Koes Plus  ini adalah, bisa jadi Koes plus (yang saat itu bernama Koes Bersaudara) adalah satu-satunya  Band di Indonesia yang personilnya masuk penjara karena menyanyi, mereka ditangkap karena sering  menyanyikan lagu beatles yang dianggap meracuni jiwa generasi muda. (maklumlah era itu -1965- , rakyat  dipenuhi dengan retorika anti Kapitalis).

Setelah Nomo keluar dan digantikan dengan Mury sebagai pemukul drum, saat itulah Koes Bersaudara berubah menjadi Koes Plus,  Koes Plus sendiri merekam album perdananya tahun 1969. Beberapa lagu Koes Plus volume 1 tahun 1969 adalah “Cintamu Tlah Berlalu” (pernah dinyanyikan ulang oleh Chrisye), “Kembali ke Jakarta ”, “Manis dan Sayang” dan ini juga “Lusa Mungkin Kau Datang” , pasti sebagian dari dulur inget  lagu-lagu tersebut
Ehm….sebentar…sebentar saya jadi kepingin nyanyi  lagu “Lusa Mungkin Kau Datang…”  :
”Terlalu indah dilupakan
Terlalu sedih dikenangkan
Setelah aku jauh berjalan
Dan kau kutinggalkan....
Betapa hatiku bersedih...
Mengenang kasih dan sayangmu....
Setulus pesanmu kepadaku...
Engkau kan menunggu....

Andaikan kau datang kembali....
Jawaban apa yang kan kuberi....
Adakah jalan yang kau temui....
Untuk kita kembali lagi....
Sedaaap…..
Stttt…, ada satu lagu lagi yang saya suka, “bunga ditepi jalan”, ini juga salah satu lagu yang ada di album Koes Plus Vol 4. Nyanyi bareng yuuuk…..
 “Suatu hari kutemukan
Bunga ditepi jalan
Siapa yang menanamnya
Tak seorangpun mengira
Bunga ditepi jalan, alangkah indahnya
Oh kasihan…, kan kupetik…sebelum layu..”

 Salam

Aan Juanda

Dari catatan lama tentang Koes Plus
(Sumber informasi : Hasil Googling tentang  Koes Plus)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar