Saya dengan Jaket Putih

Saya dengan Jaket Putih
Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

Rabu, 20 Juni 2012


Suzuki FX125, Underbone Titisan FXR150, Si DOHC 4-valve Dalam Wujud Bebek 125cc …

Mesin DOHC 4-valve oil-cooled punya Suzuki memang udah terkenal dengan keganasan powernya. Dalam wujud motor sport, Suzuki menemplokkan mesin DOHC tersebut pada sang masterpiece Suzuki FXR150 yang mana sampe sekarang pun masih jadi pujaan pecinta motor sport fairing (apalagi kalo udah fansboy Suzuki). Hingga detik inipun, enjin DOHC 4-valve Suzuki ternyata menjadi tonggak penjualan suzuki, dimana enjin tersebut dicangkokkan pada ayam jago idola para ABG masa kini yaitu Suzuki Satria FU150.

Namun, tahukah kalo mesin DOHC 4-valve yang legendaris tersebut juga pernah diaplikasikan pada sebuah motor bergenre Underbone alias Motor bebek? Jawabnya adalah Suzuki FX125, sebuah motor bergenre underbone ato disini disebut bebek dengan kapasitas mesin 125cc dan seperti yang sudah saya sebutkan panjang lebar pada prolog di atas, mesin Suzuki FX125 diwarisi oleh mesin DOHC 4-valve ala Suzuki FXR150, maka dari itu saya sebut Suzuki FX125 adalah titisan dari Suzuki FXR150.
Suzuki FX125 lahir pada tahun 2000 dan dipasarkan di berbagai Negara, yaitu Thailand, Malaysia, Filipina, New Zealand, bahkan sampe Yunani. Sebagai titisan FXR, teknologi pada mesinnya pun bisa dibilang hampir sama, termasuk DOHC, TSCC, SACS (oil cooler), dll sehingga beberapa part pun kemungkinan bisa saling mengkanibal. Seperti namanya, Suzuki FX125 dibekali mesin 125cc yang bisa memuntahkan tenaga yang cukup powerfull yaitu 13.3 hp pada RPM 10,500. Dibantu dengan transmisi manual 5 percepatan ala motor sport, konon katanya motor ini mampu dipacu hingga kecepatan 125 km/jam. Rasio kompresi yang cukup tinggi, yaitu 10.2 : 1, sehingga dianjurkan meminum bahan bakar beroktan tinggi kayak Pertamaxxx/Plus
Dari segi desain, namanya saja titisan FXR150, beberapa titik pun masih sedikit terkontaminasi oleh desain FXR yang masih mencirikan motor akhir tahun 90′an. Pada bagian depan, Lampu depan mirip Suzuki Smash generasi pertama yang muncul disini, dipadu dengan tebeng/dada mirip Shogun 125 generasi pertama. Rangka FX125 pun didesain kokoh, yang nampak dari samping seperti layaknya sebuah rangka deltabox seperti pada FXR150. Shock belakang sudah mengaplikasikan type monoshock, sehingga mnampakkan kesan sporty di FX125. Sementara itu, FX125 punya ada 2 tipe velg, yaitu CW dan Spoke, sayangnya peranti penghenti laju masih menggunakan tromol di roda belakang. Desain Suzuki FX125 masih berupa true bebek alias bener-bener bebek dimana posisi setang seperti pada bebek-bebek umumnya, namun dengan desain spatbor depan ala motor sport, yang mungkin kalo sekarang ada pada desain Yamaha Jupiter MX.
Sayangnya, secara keseluruhan desain, saya masih kurang sreg dengan desain Suzuki FX125 yang nampak wagu serta kurang proporsional, entah mungkin para insinyur Suzuki kurang pinter dalam mendesain mesin. Desain FX125 malah seperti Shogun 110 lawas alias Shogun Kebo, yang saya rasa kurang mewakili performa mesinnya, ato istilahnya desain tak segahar mesinnya.
Sekedar tambahan, akhirnya Suzuki mengubah total penampilan Suzuki FX125 menjadi motor bergenre ayam jago, yaitu Suzuki FU125 alias Suzuki Raider 125 yang sempat mencicipi aspal sini via CBU. Kalo saya perhatikan, ubahan yang terjadi dari FX125 ke FU125 hanyalah pada desain bodi saja, serta posisi setang yang dibikin semi sport, sementara untuk rangka utama dan mesin, saya kira masih sama pleg antara keduanya. Hanya ubahan pada electric starter yang ada pada FX125, tetapi dihilangkan pada Raider 125, kalo gak percaya tengok saja bagian atas mesin Raider 125 kalo ketemu Raider 125 di parkiran, ntar ada semacam “lowongan” untuk dudukan dinamo starter. Oiya, tak lupa Raider 125 sudah melengkapi diri dengan double disk brake alias aplikasi rem cakram pada roda depan dan belakang

sama kan?

Memang si FX125 ini tidak masuk ke negeri kita Indonesia, namun kita tetep bisa mencicipi performa ala DOHC 4-valve 125cc identik dengan titisan FXR150 ini melalui generasi penerusnya, Raider 125 yang berkeliaran disini meski cuman jadi makhluk sangat langka di jalanan (lebih langka dari FXR dan RK-Cool). Kemudian kalo gak salah dulu ada juga pabrikan China yang mengkloning si FX125, kalo gak salah Zong Shen (lupa serinya). Hehe
Semoga bermanfaat
Salam Coolrider Fixer
Spesifikasi Suzuki FX125
DIMENSIONS
Overall length 1955 mm
Overall width 680 mm
Overall height 1080 mm
Engine Specification
Engine type Air – Oil Cooled, DOHC 4-Valve, 4-Stroke
Bore × stroke 57.0 × 48.8 mm
Displacement 124.5 cc
Compression ratio 10.2 : 1
Starting system Kick and electric
Maximum horsepower 13.3 hp @ 10,500 RPM
Lubrication system SACS (Suzuki Advanced Cooling System)
Fuel tank capacity 4.6 L
Fuel consumption 40–50 km/L
Chasis and suspension
Chassis Twin-Spar Underbone
Suspension, Front Telescopic Coil Spring, Oil-damped Fork x 2
Suspension, Rear Mono Shock, Coil Spring, Oil-damped w/preload adjustment
Brakes – Front Disc brake w/twin piston caliper
Brakes – Rear Drum brake
pict source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar