Motor 50 CC bisa digeber 120MPH atau setara 176 ++ kmh….suzuki rk emang joss
dulu banget..ketika jaman masih brutal, engineer suka sak-penak
udele dewe dalam mendesain motor!! contoh paling edan yaitu suzuki
rk-67!!
50 cc tapi bisa dikebut 120mph (mill/hour)!! saingan berat mustang
GT500…apa saja sih senjatanya!! mesin ini memang 50 cc tapi memiliki 2
silinder segaris. mesin KOYA ini fight di 16000rpm dan mencapai 12 HP di
17500rpm…untuk ukuran 50cc rk67 mampu berkitir di 18300rpm…yang bawa
harus bener2 jago…soalnya dia punya 12 speed awalnya dan di ubah menjadi
14 speed!!, engine rk 67 ini di remap ulang menjadi 3 silinder
sejajar!! hasilnya pun cukup mengerikan 19HP di 17500 rpm!! sangar
tho…..
suksesor di kejuaraan gp 50cc adalah RP 68 yang punya kapasitas 50cc
21HP di rpm 20000 dengan 14 speed tentunya!! sayang karena ada aturan
baru yang mewajibkan gp single silinder rp 68 gak bisa ikut!! padahal
gear box udah menganut 16 speed…weleh…opo yo apal yo sang joki??
hem…dari tadi pagi cuma posting tanpa gambar yak?? bisa dikira Hoax aja nih..woke, dicoba pake gambar deh biar gak penasaran!!
mesin rk67, twin sejajar 50cc, kopling kering, berpendingin air, dan model 2tak tipe rotary valve
tuh kopling kering lebih jelas gambarnya!! rotary valve system juga jelas terlihat
tuh..dari kruk-as dihub ke kopling trus masuk ke gigi rasio!! simpel kan!!
seperti "senjata" juragan2...cilik barange...gedhe tenagane!! piston sekecil itu apa gak cengel MATANE nek pas desain
:-D
sekali lagi "jangan menilai sesuatu dari luarnya!!" anda pasti kecewa....
JANGAN REMEHKAN CC KECIL.
Sudah
sering menjadi perbincangan dan pendapat umum dikalangan para bikers
khususnya diindonesia ( maklum baru bisa mengamatin orang sendiri )
bahwa motor yang ber volume silider atau ber cc kecil pasti tidak
memiliki power maupun speed yang mumpuni apalagi luar biasa. Bila anda
termasuk bagian dari kalangan tersebut maka anda adalah salah satu yang
terkenal sidnrom CC besar.he…he….
Mulai era tahun 70 an motor bervolume silinder kecil mulai banyak
dikenal dan banyak bertebaran dimana mana,apalagi dengan hadirnya motor
berjenis bebek yang diindonesia sendiri yang dipelopori oleh Honda
dengan mengeluarkan sang bebek mungil Super Cub semakin membuat pasar
motor ber cc kecil bersinar.
Namun sebelum kelahiran motor berjenis bebek dikenal luas dikhalayak
umum,motor –motor sport atau yang kita kenal dengan motor Laki ( lelaki )
sudah terlebih dahulu nongol bahkan sudah bertarung adu cepat
disirkuit-sirkuit.Pada waktu itu motor – motor balap bukan seperti
sekarang ini yang memiliki volume silinder yang besar – besar tapi kecil
– kecil.Sebut saja kejuaraan GP zaman dahulu yang dimulai pada tahun
1949 dimana class yang ada berkisar mulai 50cc, 80cc, 125cc, 250cc,
350cc, dan 500cc solo machines.
Khusus untuk motor yang bervolume silinder kecil seperti 50 cc
sendiri,kejuaraan ini tampil begitu menarik dan sangat sengit.Ini
dikarenakan meski hanya bervolume 50 cc namun rata – rata motor tersebut
memiliki speed yang luar biasa.Salah satu motor bervolume silinder 50
cc yang sempat mencuri parhatian dunia hingga saat ini adalah Suzuki RK
67 .Berkonfigurasi mesin 50 cc dengan 2 silinder dan berpendingin
air,motor ini mampu memuntahkan power SEBESAR 17,5 Dk dan mampu berkitir
hingga lebih dari 17.300 RPM,bandingkan saja dengan motor sekarang yang
memiliki volume silinder 200 seperti Tiger 2000 yang hanya memiliki
power kisaran 16 Hp atau Suzuki Satria FU 150 yang memiliki power
sekitar 16.7 Hp.Sungguh motor yang luar biasa
Suzuki RK 67 ( sikecil yang luar biasa )
Nah
yang luar biasanya lagi adalah meski hanya bervolume silinder 50 cc lebih kecil dari MOTOP PLETUK atau Honda C70 yang cuma 70 cc,
lah ini Suzuki RK 67 cuma 50 cc jeeee... ,namun kecepatan motor ini mampu menembus angka 176 KM/JAM,yang kalau
dimotor modern konvensional,motor yang mampu melakukan hal tersebut
adalah Suzuki RGR namun dengan volume silinder 150 cc atau Suzuki Shogun
125 cc yang bertarung di IndoPrix. Kemudian disamping memiliki speed
yang mencengangkan untuk ukuran 50 cc , motor ini memiliki 14 percepatan
atau biasa kita katakan memiliki 14 gigi .Apa ga edan tuh ? Berbekal
kedahsyatan motor inilah pembalap asal jerman Hans Georg Ansheidt mampu
meraih gelar juara dunia GP kelas 50 cc pada tahun 1967,serta membawa
nama suzuki menjadi juara Konstruktor ditahun yang sama begitu juga
dengan kelas 125 nya.Namun sayangnya,diakhir tahun1967,FIM selaku
pemegang dan penyelenggara GP mengumumkan untuk membatasi spek 50 cc
menjadi silinder tunggal dan bertransmisi hanya 6 percepatan. So…,
dengan diberlakukannya regulasi baru tersebut , pihak Suzukipun kemudian
menarik diri dari ajang bergengsi tersebut.
Kemudian,selain Suzuki RK 67 yang phenomenal tersebut ada pula motor
lain yang bervolume silinder kecil namun mampu menembus speed yang
tinggi seperti yang terjadi ditahun 1996 dimana rekor top speed
tertinggi untuk kelas 125 cc di GP adalah 249.76 km/h yang diraih oleh
Valentino Rossi bersama Aprilia.
Seperti yang dikatakan orang tua,jangan menilai dari pisiknya,pandang
dalemanya,seperti Suzuki RK 67 ini,pasti asing bagi ente anak
muda,soalna ni bukan motor yg seliweran di jalanan,tapi ne motor legend
balap Suzuki era 67-an yg turun di kelas 50cc(motogp 1967),dan jangan
dipandang sebelah mata bro..kecil gini tapi ngacir lo larinya..bayangin
dengan isi 50 cm3,bisa tembus 176 kph.!!.
WOWWW!!!(sambil koprol terus salto 4 x)
Sebenarnya apa seh yg sepesial di mesin motor ini?intip yuk dimari..
tampilannya yang culun
Gieelaa ! Gearboxnya 14 percepatan..pegel ngopernya gak ya?.. dan kira-kira ingat ini masuk gigi berapa ya ?? kok lama sekali sampe NETRAL .
:-D
ini mesinnya bro,udah pake kopling kering ky mobil
Tim katayama suzuki lagi ngoprek si ekaRK
Seher mini tapi powerfull
Tentu aja dengan mesin yg "wow banget" bikin Suzuki jadi juara dunia GP taun 1967.
Catatan :
1. Motor Suzuki RK67 cuma 50 cc tapi top speed tembus 176 kmh.W.O.W sambil salto. Satria F Bore Up 250 cc atau Satria F standar OMR dan bahkan Ninja 250 yang dah pake Knalpot Nasser Beet aja belum tentu tembus segitu. lah ini yang cuma 50 cc jeeeee..
pokoke juru oprek mesin jaman dulu emang kondang dan gila.. segila peperangan jaman merebut kemerdekaan Indonesia :-D
2. Walau Suzuki RK67 kubikasinya cuma 50 cc tapi udah 2 silinder segaris,, gak kebayang piston nya segede apa ? dan gimana masangnya coba kalau mata enginer gak tajam.
3. Walau Suzuki RK67 kubikasi cuma 50 cc tapi jumlah speed atau biasa kita sebut gigi udah 14 jeee. malah dulu pernah di upgrade hingga 16 gigi.
uueedyaaann.. Segede apa ya Gear Box nya ??
apa jokinya ya hafal ya nih motor kalau pas jalan masih masuk gigi berapa ?
kalau main drag mah fine aja.
lah kalau sirkuit yang ada tikungan disana sini.
bisa olahraga kaki dan bakal banyak kerjaan nih mindahin gigi melulu .
cari power yang pas buat berakelerasi :-D
ceklek..ceklek ceklek bunyi persnelingnya.
hahaha
dan kalau dikasih Indikator gigi, kaya New Jupiter MX yang gigi 1 - 5 ditampilkan di dashboard motor.
ampe seberapa panjang tuh indikator gigi 1 - 14 nya ?
:-D
Agan-Agan pasti tau RX King kan ?
strokenya pendek pendek walau 5 speed dan 135 cc.
suaranya pasti ngeeee..ngeeeng..ngeeng.
dikit-dikit midahin gigi.
lah kalau Suzuki RK67.
bisa kebayang kan Stroke Pendek 50 cc nan Overbore hingga 17.500 ++ rpm .
pasti tiap 1 - 2 detik mindahin gigi tuh ampe ke gigi 14
pasti suara mesin 2 tak dah kaya cewek desah. hahaha piss ..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar