Saya rasa
banyak sekali orang yang suka menyimak tayangan iklan yang ada di tv.
Baik itu anak-anak, remaja hingga para orang tua juga suka melihatnya
sambil terkadang menyaksikan lirik lagu yang ada pada iklan tersebut.
Iklan bebelac
terakhir memang cukup fenomenal. Lirik lagu yang mengiringi iklan itu
memang enak di dengar. Jadi tak heran banyak yang suka. Akhirnya iklan
itu jadi terkenal. Baik itu anak-anak yang ada di iklan tersebut hingga
lagunya juga.
Mungkin orang
Indonesia terlalu latah dengan yang berbau bahasa inggris. Saya pribadi
mengakui juga demikian. Kita sangat suka lagu-lagu berbahasa inggris.
Orang-orang yang berbahasa inggris. Akhirnya kita terobsesi dengan
hal-hal yang ada kaitannya dengan bahasa inggris.
Sekarang ini
bahasa inggris sepertinya sudah menjadi bahasa kedua dibanyak kalangan
di masyarakat. Banyak sekali tak terhingga jumlahnya masyarakat yang
sudah mahir dan fasih berbahasa inggris. Jurusan sastra dan atau
pendidikan bahasa inggris sangat banyak peminatnya.
Iklan bebelac terbaru saat ini juga banyak yang suka. Tetap memakai materi bahasa inggris. Lalu apakah itu baik?
Sebenarnya itu
baik adanya. Dengan menggunakan bahasa inggris itu anak-anak bisa lebih
dini dikenalkan dengan bahasa inggris. Bahasa yang diucapkan oleh banyak
orang di dunia ini. sehingga dengan mempelajari bahasa inggris ini
kemampuan berbahasa dan kognitif anak menjadi makin baik. Otaknya
menjadi cepat berkembang.
Namun dampaknya
adalah pada bahasa Indonesia atau bahasa lokal. banya sekali
perbincangan mengenai hal ini. bahasa inggris juga dianggap sebagai
penyebab kenapa banyak sekali ditemukan kurangnya kemampuan berbahasa
Indonesia atau lokal di banyak anak atau remaja saat ini.
Sejak dini
anak-anak sudah dikenalkan dengan yang namanya bahasa inggris. Ketika di
sekolah bahkan bahasa pengantar yang digunakan juga bahasa inggris.
Sehingga anak-anak akan menjadi lebih akrab dengan bahasa asing.
Kita tidak
menyalahkan bahasa asing yang saat ini memang sangat perlu untuk
diajarkan kepada anak. Bahasa asing memang sangat diperlukan untuk
dikuasai. Komunikasi menggunakan bahasa inggris atau bahasa asing
lainnya sudah tidak asing lagi kita jumpai.
Namun, para
orang tua harus lebih bijak menanggapi hal ini. bahasa ibu dan bahasa
lokal juga akan menjadi identitas dari sang anak kelak. Walaupun banyak
dari para orang tua yang beranggapan bahwa bahasa ibu itu tidaklah susah
untuk diajarkan.
Anak secara
otomatis akan mahir dengan sendirinya memahami bahasa Indonesia. Karena
anak lahir, tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bahasa resmi Negara kita
bahasa Indonesia. Jadi gampanglah…
Sedangkan nasib
bahasa lokal juga perlu untuk diperhatikan. Siapa lagi yang akan
melestarikan keberadaan bahasa lokal kalau bukan para generasi muda saat
ini. jika masyarakat menganggap bahasa lokal itu tidak penting, itu
pemahaman yang keliru. Karena bahasa lokal itu adalah identitas yang
sesungguhnya dari sang anak. Bahasa Indonesia menjadi identitas
kebangsaannya.
Jika anak-anak
sekarang nantinya tidak mengerti dengan bahasanya sendiri maka sama saja
halnya mereka telah kehilangan identitasnya.
Bahasa inggris,
bahasa jepang, bahasa mandarin, dan bahasa-bahasa asing lainnya itu
penting untuk dikenalkan pada anak. Namun bahasa ibu (dibaca Indonesia)
dan bahasa lokal amatlah penting dari semua itu.
Semoga saja
masyarakat khususnya para orang tua lebih bijak menanggapi hal ini.
tidak hanya melihat iklan yang ada itu seperti apa namun juga bisa
mencerna pesan apa sebanarnya yang tersirat dari iklan-iklan yang
beredar di layar kaca itu.
my last
my everything
And the answer to
all my dreams
You’re my sun
my moon
my guiding star
My kind of wonderful
that’s what you are
my everything…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar